Kak Rico


Profil
Keinginan untuk menjadi Pendongeng sama sekali tidak pernah sedikit pun terpikirkan oleh kak Rico. Kak Rico lebih senang berkecimpung dalam dunia Teater, Music, dan kegiatan entertainment lainnya. Namun pada tahun 2004, berawal dari keisengannya mengikuti ajakan salah seorang kawannya untuk mengikuti sebuah kegiatan Workshop Dongeng yang diadakan oleh LSM YAPPIKA, kak Rico malah merasakan "kenikmatan" yang sangat berbeda dibanding dengan bermain atau menyutradarai pertunjukan Teater atau Komedi. Ketagihan kak Rico makin menjadi-jadi setelah ia berhasil meraih gelar Juara II Lomba Dongeng di TMII pada tahun itu pula, padahal baru kali itu pula lah kak Rico ikut dalam sebuah kegiatan lomba dongeng. Sejak saat itu lah kak Rico seperti mendapat petunjuk bahwa dongeng merupakan profesi yang tepat untuknya. Hingga akhirnya lambat laun kak Rico pun semakin merasakan bahwa dongeng telah membuat ia menyayangi dan mencintai anak-anak Indonesia. Apalagi hingga saat ini kak Rico belum juga dikaruaniai seorang anak pun, maka sebagai pelampiasannya kak Rico mengganggap anak-anak yang mendengar dongeng kak Rico adalah adalah anak-anak kandungnya sendiri yang dapat membuat kak Rico bahagia bila bisa menghibur mereka semua.


Sebelumnya, sejak tahun 1990 kak Rico lebih sering berkecimpung dan menggeluti dunia seni teater dan musik untuk kalangan remaja dan mahasiswa, termasuk mendirikan beberapa sanggar serta sempat terlibat sebagai pemain utama dan penulis skenario dalam 22 episode fragment rohani “Keluarga Sakinah” di ANTV. Berkat kemampuannya pula ia sempat dipercaya oleh Pimpinan Cinta Rasul (Bpk Haydar Yahya) untuk menyutradarai beberapa video klip Haddad Alwi dan Sulis (Cinta Rasul 5).


Selama ± 6 tahun belakangan ini kak Rico mulai intens menggeluti dan malang melintang dalam dunia pertunjukan dan kegiatan anak-anak. Bukan hanya sebagai Pendongeng tapi juga sebagai Pelatih Drama dan Vokal (TK s/d SMA), Penulis Cerita, dan bahkan sebagai Pencipta lagu anak pernah ia lakukan.


Kak Rico dalam setiap kali mendongeng tampil dengan konsep enerjik, ekspresif, jenaka, dan musikal, namun tetap edukatif dan memberikan contoh-contoh tauladan untuk anak-anak dalam setiap ceritanya yang kebanyakan dikarang sendiri.


Pretasi yang diraih kak Rico cukup lumayan, diantaranya Juara II Lomba Mendongeng di Taman Mini Indonesia Indah tahun 2004, Juara I Lomba Mendongeng yang diadakan Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2005, dan Juara I Lomba Mendongeng pada acara BOBO FAIR di JHCC Senayan pada tahun 2007. Sayangnya untuk Lomba Mendongeng pada acara BOBO FAIR di JHCC tahun ini kak Rico tidak sempat untuk mengikutinya.

Agenda mendongeng yang pernah kak Rico lakukan antara lain adalah :

Puluhan Taman Kanak-kanak & Sekolah Dasar di wilayah Jakarta, Bekasi & Tangerang.
Road Show di 10 Taman Kanak-kanak wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi dalam kegiatan FESTIVAL RAYAKAN KEBERSAMAAN & KEBERAGAMAN (RAKKFEST) yang diselenggarakan oleh LSM YAPPIKA (September 2004).

Gelanggang Remaja Jakarta Timur dalam acara puncak kegiatan FESTIVAL RAYAKAN KEBERSAMAAN & KEBERAGAMAN (2004).

Road Show di beberapa Store Mc DONALD’s di wilayah Jabodetabek dalam acara SAFARI DONGENG RAMADHAN (2006).

Masjid Raya Bintaro dalam kegiatan Santunan Anak Yatim (2006).

Museum Bank Mandiri dalam kegiatan FAMILY GATHERING Dept. GSS BANK MANDIRI (2006).

Plaza Mandiri dalam kegiatan Pembuatan Rekor MURI, SUNATAN MASAL (2006 & 2007).
Road Show di 20 Lokasi Taman Kanak-kanak wilayah Jakarta dan Tangerang pada kegiatan

BAHANA DUNIA ANAK (April - Mei 2007).
Poins Square Lebak Bulus dalam Kegiatan Kids Talent Competition BAHANA DUNIA ANAK ( Juni 2007).

My Play Mall, SENAYAN CITY JAKARTA (Ramadhan 2007).
Road Show di 72 Sekolah Dasar wilayah Jakarta, Tangerang, dan Bekasi dalam kegiatan YES

MUMU SHOW yang diselenggarakan oleh PT. Frisian Flag Indonesia (Oktober 2007 - Februari 2008).

Pasar Seni Jaya Ancol dalam kegiatan Klub BOBO (Desember 2007).
Dan lain-lainnya.

Dalam memenuhi undangan untuk mendongeng, kak Rico tidak pernah pilih-pilih. Dimana pun dan kapan pun ia bersedia mendongeng untuk anak-anak. Baik di kegiatan komersil atau pun sosial, kak Rico selalu berusaha selalu siap untuk mendongeng. Bahkan kak Rico juga siap tidak diberi honorarium jika diminta mendongeng untuk anak-anak yatim piatu, dan kaum dhuafa yang diadakan langsung oleh yayasan yang terkait

Akhir kata, sebagai Pendongeng, kak Rico mempunyai harapan yang sungguh-sungguh terhadap anak Indonesia, yaitu anak-anak Indonesia kelak harus sanggup menjadi generasi penerus bangsa yang berahlak mulia dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur budaya bangsa.

Sumber : http://www.dongengkakrico.com 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kak Imung

Kak Poetri (Poetri Suhendro)

Kak Wuntat Wawan Sembodo