Pak Kumis (Sujarwo)

Boneka Aini Hibur Anak Panti

PASURUAN - Sebanyak 115 anak yatim piatu dari panti asuhan se-Pasuruan kemarin dibuat terkesima dengan dongeng yang diceritakan Pak Kumis dan Boneka Aini. Gaya mendongeng yang mereka tampilkan membuat anak-anak itu terhibur.

"Teman-teman, mau nggak dengar cerita aku. Pak Kumis, aku mau kasih dongeng teman-teman di sini tentang asal mula Reog Ponorogo lho," tutur Aini si boneka dengan suara kenesnya keluar dari mulut pendongeng Pak Kumis. Mereka tampil di atas panggung expo buku, dan pameran pendidikan di gedung STKIP PGRI Pasuruan, kemarin.

Pak Kumis, yang bernama asli Sujarwo pun mengiyakan permintaan Aini. "Iya bocah manis, Pak Kumis juga ingin mendengar cerita kamu," jawabnya.

Tapi sebelum itu, Pak Kumis sempat melontarkan pertanyaan kepada Aini. Dari mana boneka yang menampilkan bocah berjilbab itu tahu cerita Reog Ponorogo. Dengan suaranya yang lantang Aini mengaku dapat cerita itu dari baca buku.

Kemudian, dari mulut mungil boneka yang panjangnya tidak lebih dari 30 cm itupun meluncur kisah legenda Reog Ponorogo. Tentu saja, bahasa dongeng yang disampaikan Aini, bahasa Indonesia yang mudah dipahami anak-anak kecil itu.

Sesekali Pak Kumis memutus cerita Aini, dengan melontarkan pertanyaan seputar ceritanya. Aini pun berusaha menjawab dengan sigap. "Waduh, jangan khawatir Pak Kumis. Semua pertanyaan pasti bisa tak jawab. Aini Gitu Lho," ujarnya setengah guyon.

Jawaban Aini yang suka ceplas-ceplos, kerap mengundang tawa anak-anak panti asuhan itu. Mereka tertawa sambil tidak melepaskan pandangan matanya kepada tangan Pak Kumis yang dibuat menggerak-gerakkan Aini

Tidak hanya melulu di atas panggung, Aini dan Pak Kumis juga beberapa kali menghampiri penonton yang duduk asyik di depan mereka. Salah seorang bocah lucu bernama Anisah terlihat takut ketika didekati Aini.

"Ayo senyum dong. Masa takut sama Mbak Aini. Aku kan cakep ya Pak Kumis," ungkap Aini. Pak Kumis juga menghibur Anisah yang wajahnya terlihat ketakutan. Setelah tangannya dipegangi Aini yang ingin kenalan, dia pun akhirnya tersenyum.

Gadis kecil berusia 5 tahunan itupun mengaku senang dengan Aini. "Senang, diajak kenalan," akunya polos, ketika ditanya perasaannya didekati Aini dan Pak Kumis.

Selingan cerita Aini dan Pak Kumis juga dibarengi dengan tampilnya seorang badut yang lucu. Karena memang, kehadiran Pak ’Kumis’ Sujarwo ke acara pentas dongeng untuk anak di gedung STKIP itu bersama rekan-rekannya dari Badan Perpustakaan Jatim.

"Tujuan dongeng ini bukan semata-mata cerita sekedarnya, tapi juga untuk membangkitkan minat baca anak," ungkap Sujarwo.

Di akhir acara, anak-anak yang berasal dari panti asuhan Kota, maupun Kabupaten Pasuruan itu mendapat hadiah khusus. "Isinya adalah buku cerita untuk anak, dan beberapa bingkisan lainnya," tutur Adji Mulyono dari Ceria Book Store (CBS) yang menginginkan anak-anak juga senang membaca seperti Aini. (via)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kak Imung

Kak Poetri (Poetri Suhendro)

Kak Wuntat Wawan Sembodo